“BLUE BIRD’S COMPANY”
A.
HISTORY OF BLUE
BIRD’S COMPANY
Sekitar tahun 1965, Alm. Ibu Mutiara Fatimah
Djokosoetono, Alm. dr. Chandra Suharto (anak laki-laki pertama Alm. Ibu Mutiara
Fatimah Djokosoetono) dan dr. Purnomo Prawiro (anak laki-laki termuda Alm. Ibu
Mutiara Fatimah Djokosoetono) menjalankan taksi tanpa argo yaitu Chandra Taxi,
yang merupakan nama dari Alm. dr. Chandra Suharto.
Selanjutnya, pada tahun 1972, Alm. Ibu Mutiara
Fatimah Djokosoetono bersama-sama dengan dr. Purnomo Prawiro dan dr. Chandra
Suharto, dan juga mitra bisnis lainnya, secara resmi memulai bisnis
transportasi dengan 25 armada taksi. Seiring perjalanannya, Blue Bird selalu
menjadi pelopor dalam mengubah industri taksi di Indonesia. Beberapa inovasi
tersebut diantaranya adalah pengenaan tarif berdasarkan sistem argometer, serta
melengkapi seluruh armadanya yang ber-AC dengan radio komunikasi. Selain itu,
penggunaan sistem GPS pada armada kami juga memberikan rasa aman kepada para
pelanggan kami. Pada tahun 2011, Blue Bird juga menjadi perusahaan taksi
pertama di Indonesia yang memberikan layanan mobile reservation melalui
BlackBerry.
Kini, Blue Bird Group telah mengembangkan
bisnisnya. Selain tetap fokus di bisnis passenger transportation,
kami juga mengembangkan bisnis lain di bidang logistik, properti, industri dan
alat-alat berat, sampai menyediakan layanan konsultasi IT. Pada tahun 2014, PT
Blue Bird Tbk, salah satu anak perusahaan Blue Bird Group yang meliputi bisnis
taksi, rental mobil, dan charter bus, resmi Go Public di Bursa
Efek Indonesia.
B. ORGANIZATIONAL STRUCTURE
C. VISI
DAN MISI
Visi
Menjadi Perusahaan yang
mampu bertahan dan mengedepankan kualitas untuk memastikan kesejahteraan yang berkelanjutan
bagi para stakeholder.
Misi
Tujuan kita adalah
tercapainya kepuasan pelanggan,
dan mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar di setiap kategori
yang kita masuki. Dalam transportasi darat, kita menyediakan layanan yang
handal, dan berkualitas tinggi dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan
kita melakukannya sebagai satu tim yang utuh.
D. PENERAPAN
OPEC
1. PERENCANAAN
(PLANNING)
Dalam
Suatu Perusahaan ,di butuhkan Planning. Planing/Perencanaan adalah proses yang
mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk
mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Perencanaan merupakan proses-peroses yang penting dari semua fungsi
manajemen sebab tanpa perencanaan (planning) fungsi pengorganisasian,
pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan. Berikut adalah
Planning dari PT.BLUE BIRD TBK :
Menetapkan
tujuan dan target
Merumuskan
strategi yang akan dipakai pada pelaksanaan kerja
Menentukan
sumber sumber daya yang di perlukan
Menetapkan
standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian dan target bisnis
Memonitor dan
mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan
Menggunakan
teknologi informasi yang berkembang seiring berjalannya waktu
Menyiapkan
tenaga-tenaga konsultan yang professional dan berkualitas
Tujuan :
Tujuan dari perusahaan blue bird ini adalah tercapainya
kepuasan pelanggan, dan mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai
pemimpin pasar disetiap kategori yang dimasuki. Kemudian targetnya adalah
menjadi yang terdepan atau utama dalam .menyediakan jasa dalam bidang
pertaksian.
Adapun Indikatornya
yaitu :
Membuat waktu se-efisien
mungkin
Pelanggan tidak
merasa dikecewakan
Memasutkan
kesejahteraan yang berkelanjutan untuk para stekholder
Strategi
yang digunakan di perusahaan blue bird ini disebut strategi tiga pilar yaitu
mengandalkan pada produk, pemimpin pasar , dan innovator dalam teknologi
aplikasi. Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini adalah barang
berbentuk mobil yang nyaman dan terawat untuk kepuasan pelanggan tentunya
dengan sumbe rdaya manusia Yang baik berkendara dan Mengerti Mobil Untuk
merawat agar nyaman.
2. ORGANISASI
(ORGANIZING)
Suatu
tujuan tercapai maka harus dibutuhkan juga pengorganisasian. Dalam suatu
perusahaan biasanya diwujudkan ke dalam bentuk bagan organisasi. Yang
setelahnya kemudian dipecah menjadi berbagai jabatan. Disinilah salah satu
prinsip dari manajemen itu sendiri yaitu membagi-bagi tugas sesuai dengan
keahliannya masing-masing.
Pelaksanaan Fungsi
organisasi di dalam perusahaan ini :
Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menerapkan prosedur yang
telah di tentukan
Menetapkan
stuktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
Kegiatan
perekrutan penyeleksian pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia atau
tenaga kerja dan penepatan yang tepat.
Dalam melakukan
perekrutan, vice president personalia melakukan seleksi yang ketat kepada para
calon karyawan
Berikut adalah Struktur Organisasi Tugas dan Tanggung Jawabnya :
Direksi (BOD)
Menentukan dan
menetapkan berbagai kebijaksanaan perusahaan secara umum terhadap pihak
internal maupun eksternal serta mengusahakan agar perusahaan dapat
berjalan dengan baik
Bertanggung
jawab terhadap dewan komisaris dan pemegang saham
Mengawasi
perkembangan perusahaan.
Sekretaris
Membantu direksi
dalam surat menyurat dan administrasi
Mengawasi aliran
cash flow dalam perusahaan
Mengawasi
keabsahan data finansial perusahaan
VP Sales
Mengawasi
pelaksanaan berbagai program dan strategi
Penelitian,
pengembangan, dan penerapan teknologi baru
Mengawasi
infrastructure teknologi informasi
VP Operation
Menyusun dan
menetapkan pembagian jadwal antar–jemput
Mengkoordinasikan
manajemen driver dengan kendaraan
Menangani
keseluruhan aktivitas jasa layanan operasional di blue bird.
VP Administration
Membantu
berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan
Melakukan
berbagai kegiatan administrasi
Menyediakan
berbagai laporan yang diperlukan.
VP Teknik
Menangani
kebutuhan–kebutuhan teknis dan sparepart kendaraan
Mendukung
operasional melalui perawatan kendaraan.
VP HR & GA
Menangani
kegiatan personalia dan penggajian
Bertanggung
jawab dalam kegiatan rekruitment dan training
Bertanggung
jawab menangani kesejahteraan karyawan
3. PENGARAHAN
(ACTUATING)
Orang
mengarahkan sekaligus bertanggung jawab di perusahaan adalah Dewan Komisaris. Blue
Bird yang mengimplementasikan pertama kali di Indonesia sistem komunikasi radio
serta penggunaan argometer yang ketat untuk armada-armadanya. Blue bird juga
sudah menerapkan teknologi GPS (global positioning system) untuk melacak tempat
dan posisi armada-armada lainnya juga bisa dipakai untuk menghubungi call
centre.
Blue
bird mengimplementasikan solusi Business Intellegent(BI), yakni merupakan suatu
solusi yang mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan
keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga mampu memberikan gambaran
lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna.
Perusahaan ini juga mengimplementasikan software MySAP untuk pengambilan secara
tepat sehingga waktunya effisien.
Berikut Tampilan SAP dan Struktur SAP :
4. PENGAWASAN
(CONTROLLING)
Dalam
mengawasi armadanya sehari hari , pemilik perusahaan membutuhkan general
manajer keberadaan armada blue bird, sehingga penggunaan bahan bakar dapat
tercatat dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas
pelanggannya blue bird menyediakan credit voucher yang digunakan tidak untuk corporate
saja namun juga digunakan untuk perorangan.
Pihak
blue bird ini mengadakan upgrading kepada para karyawanya agar meningkatkan layanan
yang berkualitas dan nyaman untuk mempertahankan pelanggan. Jadi para pengemudi dilatih secara khusus agar
memberikan layanan yang terbaik. Dewan komisaris melakukan pengawasan atas
jalannya usaha perusahaan dan memberikan masukan-masukan kepada para direktur
E. JOB
ANALYSIS
Disini kami mengambil salah satu contoh Job Analysis terhadap Manajer Management Development Program ,VP HR dan VP
Administration.
Nama Jabatan : MANAJER MANAGEMENT DEVELOPMENT
PROGRAM
1. Job
Description (wewenang dan tanggung jawab).
Tugas dan wewenang :
Melakukan monitor atas seluruh kegiatan IT yang
berhubungan dengan kegiatan pengembangan sistem perusahaan.
Memantau dan memerika laporan hasil kerja seluruh team
IT yang berada dibawah komandonya.
Mampu memberikan solusi terbaik bagi kelancaran dan
kemudahan dalam kegiatan pegembangan sistem perusahaan.
Menetapkan jumlah, persiapan, dan sumber daya sesuai
untuk kelancaran kegiatan pengembangan sistem perusahaan.
2. Job
Specification (syarat-syarat).
Pendidikan
minimal S1 atau S2 semua jurusan, IPK minimal 2.75.
Usia maksimal 30
tahun.
Diutamakan memiliki pengalaman Team Leader selama 1
tahun.
Bersedia
ditempatkan di cabang Blue Bird Group (Jadetabek/Nasional ).
Nama Jabatan : VP HR (VICE
PRESIDENT HUMAN RESOURCE)
1. Job
Description (wewenang dan tanggung jawab).
Tugas dan wewenang :
Bertanggung
jawab dan mengawasi terhadap aktivitas recruitment dan training staf dan
pengemudi Blue Bird Group.
Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan
Sumber Daya Manusia.
Menangani
kegiatan personalia dan penggajian.
2. Job
Specification (syarat-syarat).
Pendidikan
Sarjana Pendidikan Manajemen Sumber Daya Manusia .
Usia maksimal 28
tahun.
Memiliki
kemampuan membuat dan mengembangkan modul training sesuai dengan kebutuhan
perusahaan.
Diutamakan
memiliki pengalaman selama 1 tahun
Nama Jabatan : VP ADMINISTRATION
(VICE PRESIDENT ADMINISTRATION)
1. Job
Description (wewenang dan tanggung jawab).
Tugas dan wewenang :
Membantu
berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan.
Melakukan
berbagai kegiatan administrasi.
Menyediakan
berbagai laporan yang diperlukan.
2. Job
Specification (syarat-syarat).
Pendidikan
Sarjana Pendidikan Manajemen Administrasi Bisnis / IPK 2,75.
Usia maksimal 27
tahun.
Memiliki
kemampuan membuat laporan keuangan dan menangani kegiatan administrasi.
Diutamakan
memiliki pengalaman selama 1 tahun.
F.
TRAINING AND DEVELOPMENT.
1. Training.
Sistem training yang digunakan oleh PT Blue Bird adalah on the job
training yaitu training yang terjun langsung terhadap pekerjaannya . Disini
pekerja akan di training dalam 3 tahapan yaitu :
2 bulan training in class, kadang
jalan-jalan .
3 bulan as staff & supervisor
3 bulan as asst manager
2.
Development.
Perseroan memiliki sistem pengembangan karier yang
digunakan sebagai acuan bagi setiap karyawan yang memungkinkan mereka untuk
memperoleh promosi ke jenjang karier yang lebih tinggi sesuai dengan bidangnya.
Sementara itu, dalam rangka mendukung peningkatan kualitas dan profesionalisme
SDM, Perseroan telah memiliki program pengembangan kompetensi yang terencana
dan sistematis yang telah dilaksanakan melalui berbagai program pendidikan dan
pelatihan baik yang sifatnya internal maupun eksternal.
Pendidikan dan Pelatihan Bagi
Pengemudi.
Pelatihan-pelatihan yang diberikan untuk
mempersiapkan para calon pengemudi tersebut dilakukan melalui beberapa tahap
yang meliputi pelatihan awal, pelatihan dasar, pelatihan pengembangan, dan
pelatihan pengemudi profesional. Khusus bagi para pengemudi taksi eksekutif dan
bus Perseroan juga menerima tambahan pelatihan khusus seperti pelatihan
penanganan keadaan darurat (emergency drill).
Pendidikan dan Pelatihan Lainnya
Perseroan juga memberikan kesempatan bagi seluruh
karyawannya yang berminat memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kompetensinya
untuk mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, seminar, lokakarya.
G.
KOMPENSASI
DAN BENEFIT.
1. Kompensasi
Gross( pendapatan kotor) sampai 4 juta
gaji di atas berlaku dari awal training sampe lulus tahap 1 (sekitar 5 bulan)
dan akan bertambah apabila telah menjadi karyawan.
bonus masa kerja.
2.
Benefit
asuransi kesehatan
jaminan kesehatan
beasiswa anak sekolah
jaminan pendapatan
mess
H.
BUDAYA
ORGANISASI
Sistem shift (pagi, siang, malam) namun ada juga yang office hours,
namun umumnya adalah 8 jam kerja per hari. hari kerja adalah 6-1 untuk Office
Hours (Senin-Sabtu) dan 2-1 (2 hari kerja, 1 hari libur) untuk sistem shift.
Jam masuk untuk office hours adalah jam 7 pagi - jam 3 sore. Perusahaan Taksi
Blue Bird memiliki struktur organisasi yang mekanis, yaitu dengan adanya
mekanisme pembagian kerja, spesialisasi dan hubungan kerja yang hierarkis.
Perusahaan taksi Blue Bird menerapkan empat nilai dasar, yaitu kejujuran,
kedisiplinan, kerja keras dan kekeluargaan.
1.
Type
atasan
menganut servant leadership, semua
atasan disini harus melayani anak buahnya. Kalau mereka mengalami kesulitan,
pimpinan harus turut menyelesaikan.
bersikap keras bila ada karyawan yang
tidak jujur.
Sangat menghargai waktu dan disiplin.
2.
Type
karyawan
Mampu bekerja dibawah tekanan
kejujuran, kedisiplinan, kerja keras dan
kekeluargaan.
Tepat waktu dan bersedia menerima
kompensasi.
3.
Sanksi
Terdapat sistem potong insentif
kehadiran jika terlambat (Jika sering terlambat maka insentif kehadiran 400-600
rb akan melayang).
Dituntut perusahaan untuk datang tepat waktu.
I.
SOCIAL
RESPONSIBILITY
Blue
Bird menyadari kebutuhan untuk mendukung organisasi global tentang Lingkungan,
Masyarakat dan masuknya orang-orang yang kurang beruntung. Blue Bird Logistics mendukung
berbagai kegiatan amal sebagai bagian dari komitmen sosial kami. Karyawan
organisasi kami, dalam kapasitas masing-masing individu juga mendukung
organisasi lain yang melayani bagian masyarakat yang kekurangan.komitmen kami
untuk mematuhi seperangkat nilai inti di bidang hak asasi manusia, standar
ketenagakerjaan, lingkungan, dan anti-korupsi.
Blue
Bird memiliki rencana tindakan yang terdefinisi dengan baik untuk mendukung
lebih banyak organisasi yang memberikan pendidikan secara inklusif, merehabilitasi
para tuna wisma dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat tindakan
alam, di masa depan. Dukungan ini akan diperluas, berdasarkan pertumbuhan
organisasi kita sendiri dan dalam proporsi yang sama. Dan dengan adanya
perusahaan Blue bird mempermudah transportasi di masa sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar