Manajemen Pemasaran : Analisis Jurnal Penjualan Apel Kashmir India

On Senin, 29 Januari 2018 1 komentar

1.     Supply Chains and the Value Delivery Network
Supply chain :
Upstream Partners : Apel Kashmir di tanam dan di produksi langsung oleh petani Kabupaten Sophia
Downstream Partners :Produk ini pertama kali dikirim ke pasar terminal dari daerah penghasil dan kemudian didistribusikan ke pasar primer dan sekunder.
Value delivery network
Pemasaran Apple di Kashmir, hampir seluruhnya, dilakukan oleh sektor swasta yang terdiri dari kontraktor pra panen, agen komisi, agen penerusan, pedagang grosir dan pengecer.

2.     The Nature and Importance of Marketing channels
Produsen menggunakan perantara karena mereka menciptakan efisiensi yang lebih besar dalam membuat barang tersedia bagi target pasar. Melalui kontak, pengalaman, spesialisasi, dan skala operasi mereka, perantara biasanya menawarkan perusahaan lebih dari yang dapat dicapai dengan sendirinya.
kolusi di antara pedagang apel untuk mengendalikan harga di pasar dan untuk mempengaruhi mekanisme harga di pasar lain. Oleh karena itu, sistem pemasaran untuk apel sangat penting bagi petani yang mengkhususkan diri pada produksi apel dan sangat menarik perhatian semua orang yang peduli dengan produsen dalam harga konsumen.
Masalah utama industri apel di Kashmir adalah kurangnya informasi dan teknik pemasaran. Tanpa sistem informasi pemasaran yang tepat, peluang pasar tidak dapat sepenuhnya dieksploitasi. Petani harus diberi informasi pasar yang tepat untuk membuang produk mereka di pasar yang menghasilkan harga maksimum
Number of channel
·         Saluran 1: G-C (Grower-consumer)
Di saluran ini ada hubungan langsung antara produsen dan konsumen dan tidak ada peran perantara dalam saluran ini dalam distribusi apel. Dalam saluran semacam itu, produsen menikmati bagian terbesar dari harga yang dibayarkan konsumen.
·         Saluran 2: G-C-W-R-C (agen Pelaksana-Komisi-Wholesaler-Retailer-Consumer)
Pendekatan yang paling umum diadopsi dalam pemasaran apel adalah melalui saluran ini. Harga apel meningkat di saluran ini karena keterlibatan perantara dan margin mereka. Karena ini keuntungan produsen berkurang dan porsi keuntungan yang dikurangi masuk ke kantong perantara ini.
·         Saluran 3: Grower-F-C-W-R-C (agen agen perantara agen-agen-Wholesaler-Retailer-Consumer)
Jenis marjinal petani apel kebanyakan menyukai jenis saluran ini diikuti oleh petani kecil. Dari jumlah tersebut di atas telah diamati bahwa petani marjinal telah menjual 68,26% dan petani kecil telah menjual 13,55% melalui saluran ini.
·         Saluran 4: Grower-PH-C-W-R-C (Agen Penumbuh-Pra-pemanen-Komisi-Wholesaler-Retailer-Consumer)
Kontraktor ini biasanya dibiayai oleh agen penerusan (commission) dengan pengertian bahwa produk akan dipasarkan hanya melalui mereka yang dapat melakukannya. Namun, kontraktor tidak bergantung pada agen penerusan sepanjang waktu; mereka menjual dan mengekspor produknya ke pasar terminal yang jauh sendiri. Pada tabel di atas 1 rata-rata 5,27%, 22,46%, 10,42% kotak apel dijual oleh petani yang berbeda (besar, kecil dan marjinal) masing-masing melalui saluran ini. Pada tabel di atas 1 rata-rata 5,27%, 22,46%, 10,42% kotak apel dijual oleh petani yang berbeda (besar, kecil dan marjinal) masing-masing melalui saluran ini. Secara keseluruhan rata-rata hanya 12,03% kotak apel yang dijual melalui saluran ini. Hal ini terjadi karena saluran ini penuh dengan cacat dan produser tidak memiliki informasi tertentu tentang sebenarnya dari produknya.
P.S : grower= produsen
3.     Channel Behavior and Organization
Dalam jurnal ini menggunakan Multichannel Distribution systems (Hybrid marketing channels) yaitu  Pemasaran multikanal semacam itu terjadi ketika satu perusahaan menetapkan dua atau lebih jalur pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan. Yang terdiri dari 4 channel distribution :
·         Saluran 1: G-C (Grower-consumer)
·         Saluran 2: G-C-W-R-C (grower-Komisi-Wholesaler-Retailer-Consumer)
·         Saluran 3: Grower-F-C-W-R-C (agen agen perantara agen-agen-Wholesaler-Retailer-Consumer)
·         Saluran 4: Grower-PH-C-W-R-C (Agen Penumbuh-Pra-pemanen-Komisi-Wholesaler-Retailer-Consumer)

4.     Channel Design Decisions
Yang diinginkan oleh konsumen yaitu  produsen dapat meningkatkan kualitas apel kashmir dan tidak kalah dengan apel himachal pradesh yang berkualitas bagus serta murah.  harga apel kashmir di pasar  masih naik turun sehingga di harapkan apple kashmir memiliki harga yang  pas bagi konsumen dan meningkatkan kualitasnya. Pemasaran apple kashmir  awlannya hanya terbatas pada tempat sekitar mereka produksi (terminal ) dan cara ini dinilai tidak efektif .  Lalu, dengan   mencoba 4 channel  pemasaran  apple kashmir akan mencapai  target konsumen yang berada Di delhi. Channel alternatif yang paling sesuai adalah channel 2 (G-C-W-R-C (Grower-Commission agent-Wholesaler-Retailer-Consumer)) karena pada saluran ini yang paling tepat marketingnya dan apabila di channel 1 dari gprodusen- konsumen walaupun produsen akan menerima keuntungan yang lebih besar karena tanpa prantara biaya proses pemasaran tetapi channel tersebut terbatas pada market sekitar daerah lokasi apel kasmir tersebut di produksi sehingga apple tersebut pemasarannya hanya berpaku pada satu tempat dan itu akan meribetkan produsen melayani pembeli secara langsung dan channel tersebut membuat produsen sulit mengendalikan harga yang diinginkan konsumen.
5.     Channel Management Decisions
Setelah menggunakn 4 channel management  yang paling tepat digunakan produsen  apel Kasmir  Kabupaten Shopian  adalah channel 2 (G-C-W-R-C (Grower-Commission agent-Wholesaler-Retailer-Consumer)) walaupun kita harus mengeluarkan biaya pemasaran tetapi ini akan memotivasi produsen karena akan terjadi peningkatan penjualan dan pengendalian harga pasar yang sesuai harga konsumen dan setelah di evaluasi channel tersebut meningkatkan penyebaran market penjualan Apel Kasmir sampai ke Delhi. Dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa biaya pemasaran sangat tinggi di saluran 4 dan paling sedikit di saluran 2. Hal ini disebabkan oleh keterlibatan pemanen sebelum panen di saluran tersebut yang mengurangi pangsa produsen. Di antara semua saluran kecuali saluran langsung tidak banyak perbedaan harga yang dibayarkan oleh konsumen namun biaya pemasarannya melebihi karena masuknya agen penerusan dan pemanen awal. Sejauh menyangkut efisiensi pemasaran, saluran yang paling efisien adalah saluran 2 diikuti oleh 1, 3, 4.

6.     Public Policy and Distribution Decisions
Exlusive distribution produk apel Kasmir dipercayakan pada pihak swasta yang terdiri dari kontraktor pra panen, agen komisi, agen penerusan, pedagang grosir dan pengecer. Penjual mendapatkan gerai yang lebih loyal dan dapat diandalkan, dan para dealer mendapatkan sumber pasokan yang stabil dan dukungan penjual yang lebih kuat.
7.     Marketing Logistics and  Supply Chain Management

Untuk saat ini apel Kashmir yang di produksi Kabupaten Shopian masih mencapai market yang berada di Delhi. Dan pada saat mencoba 4 channel pemasaran  persediaan box apel Kasmir ini sudah tepat dalam  memenuhi percobaan 4 channel ini. Dan untuk transportasi pemasaran melalui transportasi darat karena dalam satuan wilayah yaitu wilayah India.

1 komentar:

Blog27999 mengatakan...

Do you realize there is a 12 word sentence you can say to your crush... that will trigger intense feelings of love and instinctual appeal to you buried inside his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, please and look after you with his entire heart...

12 Words Who Fuel A Man's Love Response

This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to try better than ever before to build your relationship stronger.

Matter of fact, triggering this all-powerful impulse is absolutely mandatory to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll immediately find him open his heart and soul to you in a way he never expressed before and he will recognize you as the only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

Posting Komentar